.

Tips traveling ke luar negeri saat berpuasa

Tips traveling ke luar negeri saat berpuasamuslimah-traveling

Tips traveling ke luar negeri saat berpuasa Membayangkan perjalanannya saja sudah berat, ditambah lagi berpuasa. Menahan haus, lapar, serta emosi. Rasa – rasanya berat sekali tentu. Maka dari itu  perlu ada persiapan yang matang sebelum traveling. Malah  berpuasa di perjalanan memberikan kenikmatan iman tersendiri. Ditambah lagi pengalaman merasakan berpuasa di negeri orang.

Segala sesuatu kalau kita persiapkan dengan baik akan terasa mudah untuk berpuasa di luar negeri, yang utama adalah informasi negara tujuan. Berikut beberapa Tips traveling ke luar negeri saat berpuasa

1.Bawalah Perlengkapan Yang Ringkas Dan Praktis

Packing suitcaseSebagai saran selama kamu melakukan perjalanan saat Ramadhan, sebaiknya kamu tidak membawa perlengkapan yang terlalu berat. Jangan membawa perlengkapan yang terlalu banyak seperti halnya saat kamu melakukan perjalanan di hari biasa. Ingat meskipun kamu sudah menjaga kesehatan kamu, kamu juga harus menghemat tenaga kamu dengan membawa perlengkapan yang secukupnya. Selain kamu membawa koper sebagai tempat untuk menyimpan barang bawaan seperti pakaian, perlengkapan mandi dan hal-hal lainnya, bawalah Day-pack yang tidak terlalu besar. Kamu bisa membawa membawa daypack ukuran sedang yang nyaman kamu bawa kemana-mana. Kamu tidak perlu membawa koper atau pun ransel kamu di saat kamu sedang jalan-jalan di tempat destinasi wisata kamu. Tinggalkan semua koper dan ransel kamu di tempat penginapan. Jangan lupa memasukan barang-barang yang kamu butuhkan ke dalam day-pack kamu ya seperti handphone, topi, kacamata, paying, kaos untuk ganti (berjaga-jaga) air minum, serta cemilan untuk keadaan darurat saat sudah waktunya berbukan namun kamu belum menemukan makanan untuk membatalkan puasamu.

2. Jadwal puasa

unnamed-horzPerhatikan waktu setempat, kapan waktu sahur, berbuka, dan sholat. Caranya cukup cari di laman internet, manfaat gadget /aplikasi tentang jadwal shalat di negara tersebut. Bisa juga tanya kawan yang pernah memiliki pengalaman yang sama di negara tujuan. Bila sulit, hubungi kedutaan besar negara tujuan sebelum keberangkatan. Bisa juga dengan mencari tahu terlebih dahulu masjid terdekat dari tempat menginap dan kontak pengurus masjid tersebut.

2.Persiapkan menu buka puasa atau sahur

71GspekbLmL._SX355SX355_SY331_CR,0,0,355,331_PIbundle-27,TopRight,0,0_SX355_SY331_CR,0,0,355,331_SH20_Untuk berbuka cenderung lebih mudah menemukan makanan dan minuman. Sulitnya adalah menemukan makanan dan minuman saat sahur di pagi buta. Di negara mayoritas muslim biasanya penginapan menyediakan makan sahur sebagai pengganti sarapan saat bulan Ramadan. Restoran pun ada yang berjualan saat sahur. Namun tidak bagi penginapan atau restoran di negara yang jarang muslimnya. Jadi Tips traveling ke luar negeri saat berpuasa  harus menyiapkan makanan dan minuman ringan untuk sahur.

3.Mencari penginapan yang dekat masjid.

GoogleMencari lokasi penginapan yang dekat masjid di negara tersebut.tetapi memang tidak mudah bisa cari di google.Untuk negara yang mayoritas penduduknya bukan Muslim, memang seringnya tidak mudah. Lokasi masijd atau komunitas Muslim agak jauh misalnya. Bisa juga sulit menemukan lokasi alamatnya. Semuanya memang tantangan.

Bila sudah menemukan sesama Muslim di negara tersebut yang berpuasa, ibadah pun akan terasa lebih mudah juga. Minimal akan lebih mudah memperoleh informasi yang lebih akurat. Bertandang ke masjid lokal akan menambah nikmat ibadah dan menambah saudara. Bisa berbuka puasa bersama, shalat berjamaah dan tentunya saling berbagi cerita sesama Muslim.

4. Tetap Jaga Puasamu Dan Hargai Yang Tidak Sedang Berpuasa

menghormati-orang-puasa-1024x683Di saat melakukan perjalanan nanti pastinya selalu ada godaan dimana-mana kan ? Seperti tempat-tempat makan yang masih buka di siang hari, jajanan-jajanan pinggir jalan yang menggoda iman, serta took-toko camilan yang masih buka. Hal ini tentunya nggak perlu kamu khawatirkan karena kalau kamu memang benar-benar berniat mejalani puasamu dengan baik dong. Selain itu, kalau kamu menemukan orang-orang yang tidak berpuasa kamu juga harus tetap menghargai mereka. Misalnya ada teman trabelling kmau yang kebetulan sedang berhalangan untuk berpuasa, buatlah mereka tetap nyaman makan dan minum selama perjalanan .Kalau mungkin mereka segan untuk makan dan minum dengan sembunyi-sembunyi, katakana saja kepada mereka bahwa kamu sama sekali tidak keberatan akan hal itu. Jadi sama-sama enak kan

Tidak seberat seperti yang dibayangkan kan! Jadi, jangan jadikan rasa takut mengalahkan iman untuk tetap berpuasa di bulan yang mulia ini. Mana tahu, justru menambah hikmah dan berkah di dalam perjalanan.

demikianlah Tips traveling ke luar negeri saat berpuasa  semoga bermanfaat.

Baca juga : 

Mau Umroh Saat Ramadhan ? Wajib Perhatikan Hal Ini

TIPS MEMBAWA ANAK SAAT UMROH

Paket Umroh Hemat,Nayaman dan Mudah

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SATRIANI WISATA

  Address: Jl. Raya penggilingan No. 7 Cakung Jakarta Timur

  Phone: 021 460 11 75 / 76

  Mobile: 085811900010

  Fax: 021 46826745

  Web: www.satrianiwisata.com

Kalender Masehi

June 2016
M T W T F S S
« May    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930