.

Antisipasi Antrian Imigrasi Jeddah Hingga 6 Jam

imigrasi-jeddahAntisipasi Antrian Imigrasi Jeddah Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh selama berada di pesawat dengan jarak tempuh kurang lebih 9 jam dari tanah air menuju tanah suci, ketika calon jemaah haji dan umrah siap mendarat di Airport King Abdul Azis Jeddah atau Airport Madinah. Ada baiknya kita mengetahui informasi di mana kita landing. Misalkan di bandara Jeddah terdapat 4 terminal, yaitu: Terminal Haji, Terminal Khusus Saudia Airlines (SV), Terminal Internasional, dan Terminal Kerajaan.

king-abdulaziz-jeddah-1Sebagian besar maskapai dari Indonesia ‘landing’ di Terminal Haji. Jika di bandara internasional di negara lain setiap orang bisa masuk/keluar bandara dengan mudah, namun tidak di Jeddah. Hanya petugas, aparat keamanan dan penumpang saja yang boleh masuk, sehingga calon jemaah haji dan umrah harus menyiapkan sendiri semua keperluan selama di imigrasi kedatangan.

Biasanya pada musim haji  antrian dalam keadaan normal di loket check point antara 1 – 4 jam, tetapi pada musim puncak umrah seperti pada Umrah Ramadhan, Umrah Akhir Tahun biasanya antrian pemeriksaan imigrasi sampai 6 – 8 jam. Pada musim liburaan Umrah Desember 2015 menuju Januari 2016 lalu, dilaporkan terjadi antrean imigrasi hingga 9 jam atau setara dengan lama penerbangannya, sehingga kondisi tubuh harus disiapkan menghadapi hal demikian, termasuk kebutuhan makan dan minum, mengetahui waktu dan tempat shalat,dan tolilet terdekat.

Berikut adalah ringkasan beberapa hal yang harus disiapkan demi Antisipasi Antrian Imigrasi Jeddah kepada calon jemaah haji dan umrah di bendara kedatangan Jeddah atau Madinah.

  1. Turun dari pesawat dengan tertib, jangan lupa tas tentengan dan paspor.
  2. Menunggu di ruang yang tersedia untuk pemeriksaan imigrasi, lama pemeriksaan ± 2 jam pada saat normal dan hingga 9 jam pada musim tertentu.
  3. Mengantri dengan teratur di loket imigrasi yang telah ditentukan sambil menunjukkan Paspor kepada Petugas Imigrasi Arab Saudi, laki-laki bersama laki-laki dan perempuan bersama perempuan.
  4. Beberapa tahun terakhir pihak imigrasi Arab Saudi memberlakukan pengambilan sidik jari dan foto untuk setiap jemaah haji ataupun umrah.
  5. Pemeriksaan badan oleh Petugas Arab Saudi dalam kamar tertutup, antara laki-laki dan perempuan terpisah, pemeriksaan bagi laki-laki oleh petugas laki-laki dan perempuan oleh petugas perempuan, tidak diperkenankan memberi barang, uang dan apapun kepada petugas tersebut.
  6. Mengambil koper dengan menyiapkan kuncinya, kemudian memeriksakan kepada Petugas Bea Cukai.
  7. Setelah selesai diperiksa dan diberi tanda kemudian keluar dengan tertib ke folding area di Bandara.
  8. Barang bawaan diserahkan kepada petugas pengangkut barang (‘ummal) untuk diangkut dengan gerobak (troli) selanjutnya dibawa ke tempat istirahat tanpa dipungut biaya.
  9. Istirahat di tempat yang telah ditentukan ± 35 menit, selama menunggu keberangkatan ke Makkah/Madinah, apabila akan ke kamar mandi untuk buang air kecil/besar, dan wudhu jangan membawa tas tentengan, tas paspor, uang dan barang berharga, sebaiknya dititipkan kepada teman yang dikenal dan dipercaya karena sering terjadi kasus barang bawaan tertinggal dan sulit dilacak kembali.
  10. Kamar mandi laki-laki dan perempuan disediakan secara terpisah, kamar mandi/WC bagi perempuan ditandai dengan gambar kepala perempuan berjilbab, dan kamar mandi/WC bagi laki-laki ditandai dengan gambar kepala laki-laki berjenggot, masuk keluar kamar mandi harus berpakaian yang menutup aurat. Jangan sampai barang-barang yang ketinggalan.
  11. Penggunaan kran dengan cara cukup ditekan, air akan keluar dan akan otomatis akan berhenti sendiri.

Demikian informasi Antisipasi Antrian Imigrasi Jeddah yang perlu di perhatikan pada saat tiba di bandara jeddah ataupun madinah.

Baca juga :

TIPS MEMBAWA ANAK SAAT UMROH                                                                                                                       Paket Umroh Hemat,Nyaman dan Mudah                                                                                                              Berencana Umroh di Awal Tahun ? Wajib Perhatikan Hal Ini

1 Comment

  1. oby oby
    18 May 2016    

    antisipasi karena umroh ramadhan penuh sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SATRIANI WISATA

  Address: Jl. Raya penggilingan No. 7 Cakung Jakarta Timur

  Phone: 021 460 11 75 / 76

  Mobile: 085811900010

  Fax: 021 46826745

  Web: www.satrianiwisata.com

Kalender Masehi

May 2016
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031